Sabtu, 23 Juli 2011

BAB XXI (Jumlah patung lingga Shiva yang digunakan dalam puja untuk mendapatkan hasil dari apa yang diinginkan)


Para rshi berkata :
1.      Rshi Suta, yang beruntung, murid dari Vyasa, sujud hamba pada anda. anda telah menjelaskan prosedur pemujaan patung lingga. Sekarang mohon jelaskanlah tetang jumlah linga yang harus dipakai pemenuhan keinginan. Anda adalah yang senantiasa bermurah hati pada mereka yang menderita atau sedih.
2.      satu bagian dengan sloka 1

Rshi Suta berkata :
3.      Para rshi sekalian dengarkanlah cara atau persyaratan untuk membuat linga untuk pemenuhan segala keinginan dimana dengan mengikutinya maka seseorang akan mendapatkan kepuasan maksimal.
4.      Jika ada orang yang memuja dewa lain tanpa memuja patung lingga, maka puja yang dilakukannya tidak akan menghasilkan apa-apa. Pengendalian diri dan sumbangan yang diberikannya akan sia-sia.
5.      Jumlah patung linga yang dibuat untuk pemenuhan berbagai keinginan yang berbeda, yang sesuai dengan aturannya akan menghasilkan pahal sesuai dengan keinginan seseorang.
6.      Pembangkitan, peletakan dan puja  semua dilakukan secara berbeda. Hanya patung linganya saja yang sama bentuknya. Sedangkan yang lainnya adalah berbeda.
7.      Orang yang mengejar pengetahuan harus dengan senang hati membuat seribu patung linga dan mempersembahkan puja. Maka ia pasti akan mendapatkan apa yang diinginkannya.
8.      Orang yang menginginkan kekayaan hendaknya membuat limaratus patung linga ; menginginkan seorang putra ia harus membuat seribu lima ratus linga ; menginginkan pakian, kain dan sejenisnya maka ia harus membuat limaratus linga.
9.      Orang yang berambisi untuk mendapatkan pembebasan harus membuat satu crore patung linga, yang menginginkan sejumlah tanah maka ia harus membuat seribu patung linga ; yang memohon belas kasih Shiva ; harus membuat tiga ribu linga ; mereka yang berambisi untuk mendapatkan tempat suci hendaknya membuat duaribu patung linga.
10.  Orang yang menginginkan banyak teman harus membuat tiga ribu patung linga, mereka yang menginginkan kekuasaan harus membuat delapan ratus patung linga, mereka yang menginginkan kematian seseorang hendaknya membuat tujuh rauts patung linga, sedangkan mereka yang ingin manrik hati seseorang hendaknya membuat delapan ratus patung lingga.
11.  Orang yang menginginkan kehancuran musuh-musuhnya harus membuat seribu patung linga, mereka yang ingin melumpuhkan harus membuat seribu patung linga, sedangkan mereka yang ingin menciptakan permusuhan diantara orang lain harus membuat limaratus patung linga.
12.  Orang yang ingin terbebas dari segala halangan maka ia harus membuat seribu lima ratus patung linga, jika ada rasa takut pada seorang raja besar yang sewenang-wenang maka ia harus membuat linga sebanyak limaratus buah.
13.  Jika ada bahaya maling, perampok dan sebagainya maka patung linga yang dibuat berjumlah duaratus, jika ada gangguan dari roh jahat seperti Dakini (150) dan mahluk jahat lainnya maka patung linga yang dibuat adalah lima ratus buah.
14.  Jika terjadi kemiskinan pada seseorang maka patung linga yang dibuat adalah lima ribu buah. Jika membuat sepuluh ribu patung linga, maka semua keinginan akan terpenuhi. Para rshi sekalian sekarng aku akan menjelaskan prosedur pelaksanaan sehari-harinya. Maka dengarkanlah.
15.  Membuat satu patung linga setiap harinya akan menghapuskan dosa-dosa. Dua patung linga akan memberikan kekayaan. Tiga untuk pemenuhan segala keinginan.
16.  Diatas jumlah ini maka semakin banyak pahala yang akan didapatkan. Sekarang aku akan menyebutkan pendapat dari banyak orang suci tentang linga.
17.  Dikatakan bahwa seseorang akan tidak pernah takut jika membuat sepuluh ribu patung linga. Pahalanya akan membuat seseorang tidak akan takut pada orang-orang besar seperti raja dan sebagainya.
18.  Orang yangingin terbebas dari penjara harus membuat sepuluh ribu patung linga. Jika ada rasa takut dengan pengaruh mahluk jahat seperti Dakini dan sebagainya maka ia harus membuat patung linga sebanyak sepuluh ribu.
19.  Orang yang tidak memiliki keturunan harus membuat limapuluh lima ribu linga, seseorang akan mendapatkan anak putri jika ia membuat sepuluh ribu patung linga.
20.  Seorang penyembah akan mendapatkan kesejahteraan dan perkenan dari Vishnu jika membuat sepuluh ribu patung linga. Ia akan mendapatkan keagungan dan kekayaan yang tidak tertandingi jika ia sanggup membuat satu juta patung linga.
21.  Jika seseorang sanggup membuat satu crore maka ia akan menjadi Shiva sendiri.
22.  Pemujaan kepada patung linga yang terbuat dari tanah liat mendapatkan pahala yang sama dengan mereka yang membuat satu crore linga. Ini akan membuat kebahagiaan duniawi dan pembebasan padanya. 
23.  Ia yang membuang sia-sia masa hidupnya tanpa melakukan puja pada patung linga berarti telah mengalami rugi besar. Ia tidak ada bedanya dengan mereka yang jahat dan berjiwa jahat.
24.  Jika pemujaan patung linga dibandingkan dengan pemberian segala jenis sumbangan, upacara suci, semua tempat suci, pengendalian diri, upacara kurban, maka semua itu akan seimbang beratnya dengan puja linga.
25.  Pada jaman Kaliyuga ini, pemujaan patung linga adalah yang terbaik dan teristimewa dan ini bisa kita lihat dengan jelas di dunia ini. Tida kada lagi hal lain yang lebih berharga. Ini adalah keputusan akhir dari seluruh kitab Veda dan budaya agama.
26.  Patung linga memberikan kebahagiaan duniawi dan pembebasan. Puja padanya akan menghalangi segala jenis kesulitan dan keburukan. Dengan melakukan puja padanya maka seseorang akan mencapai identitas yang sama dengan Shiva pada suatu saat nanti.
27.  Karena patung linga ini telah disetujui dan dipuja oleh para rshi maka setiap orang harus memujanya dengan cara yang telah ditetapkan.
28.  Berdasarkan ukuran dari patung linga itu, ada tiga jenis yaitu Utama (terbaik), Madhyama (menengah) dan Nica (biasa). Para rshi yangutama sekalian, aku akan menjelaskannya pada kalian maka dengarkanlah.
29.  Sebuah patung linga yang panjangnya empat angula (inchi) dengan sebuah alas (linga) yang bagus dikatakan sebagai yang terbaik dari semua jenis linga oleh para rshi meupun kitab suci.
30.  Setengah dari itu adalah yang menengah. Setengah darinya adalah yang biasa. Demikianlah aku telah menjeelaskan tiga jenis ukuran linga.
31.  Ia yang memuja banyak patung linga seperti itu setiap hari dengan penuh bhakti dan keyakinan bisa mendapatkan pemenuhan segala keinginan yang ada di hatinya.
32.  Dalam keempat Veda tidak ada yang lebih suci yang disebutkan selain pemujaan kepada patung linga. Ini adalah kesimpulan akhir yang dicapai oleh semua kitab suci.
33.  Semua ritual lain bisa ditinggalkan begitu saja, kecuali puja pada patung linga. Orang yang benar-benar terpelajar hanya akan memuja patung linga dengan sepenuh hati dan bhaktinya.
34.  Jika patung linga dipuja maka itu berarti bahwa seluruh semesta yang terdiri dari pergerakan dan bukan pergerakan telah dipuja. Tidak ada jalan lain untuk menyelamatkan mereka yang telah tenggelam dalam lautan keduniawian selaina dengan puja linga.
35.  Manusia didunia ini buta karena kebodohan mereka sendiri. Pikiran mereka telah dikotori dengan keinginan duniawi. Selain puja linga, maka tidak ada lagi rakit yang bisa menyelamatkan mereka dari bahaya tenggelam.
36.  Hari, Brahma, dan para dewa yang lain, para rshi, Yaksha, Raksasa, Gandharva, Carana, Siddha, Daitya, Danava, Sesa, dan ular yang lainnya, Garuda dan burung lain, semua Manu, Prajapati, Kinara, manusia dan sebagainya telah memuja linga yang memberikan kekayaan dan kesejahteraan dengan penuh bhakti dan pengabdian dan telah mendapai berbagai hasil yang menakjubkan.
37.  satu bagian dengan sloka 36
38.  satu bagian dengan sloka 36
39.  Para brahmana, Kshatrya, Vaishya, Shudra, dan merekay ang lahir dari perkawinan antar kasta hendaknya memuja patung linga dengan penuh bhakti dengan menggunakan mantra yang telah dijelaskan.
40.  Para brahmana rshi sekalian, perlukah aku katakan bahwa semua orangberhak memuja linga tanpa membedakan jenis kelamin, suku, kepercayaan dan sebagainya ?
41.  Mereka yang telah menjalani upacara lahir kedua kali bisa melakukan ritual ini dengan baik sesuai dengan aturan Veda, namun tidak demikian halnya dengan mereka yang tidak mengalami ritual ini sebelumnya.  
42.  Dewa Shiva sendiri telah menyatakan bahwa hanya mereka yangtelah melalui upacara kelahiran yang kedua kali saja yang berhak untuk melakukan ritual Veda dan buklan orang lain.
43.  Akan tetapi para Dvija yang telah dikutuk oleh Dadhici, Gautama, dan yang lainnya tidak melakukan ritual ini dengan baik.
44.  Orang yang meninggalkan ritual Veda dan malah mengikuit ritual yang dijelaskan dalam Smerti atau kitab lainnya tidak akan dapat mendapatkan hasil yang diharapkannya.
45.  Penyembah sejati setelah melakukan puja seperti yangtelah ditetapkan maka ia harus melakukan puja pada delapan tubuh kosmik Shiva yang terdiri tiga alam semesta.
46.  Bumi, air, api, angin, ether, bulan, dan orang yang melakukan upacara kurban, semua ini adalah delapan tubuh kosmik Shiva.
47.  Sarva, Bhava, Rudra, Ugra, Bhima, Isvara, Mahadewa, Pasupati, adalah manifestasi dari Shiva yang hendaknya dipuja dalam delapan tubuh kosmik beliau itu.
48.  Selanjutnya ia harus memuja para pengawal atau pelayan Shiva dengan penuh bhakti dengan pasta cendana, beras mentah dan daun suci pada empat enjuu arah dimulai dari timur laut.
49.  Mereka adalah Isana, Nandi, Chanda, Mahakala, Bhrngin, Vrsa, Skanda, Kapardisa, Soma dan Sukra.
50.  Virabhadra berada didepan dan Kritimukha berada dibelakang. Maka selanjutnya ia harus memuja sebelas Rudra.
51.  Selanjutnya ia harus melakukan japa mantra lima suku kata, Satarudriya, puja-puji untuk Shiva, dan membaca Pancanga, dan melakukan Pradhaksina. Setelah melakukan sujud maka ia harus melakukan ritual akhir pada patung linga. Demikianlah aku telah menjelaskan tentang puja pada Shiva.
52.  satu bagian dengan sloka 51
53.  Upacara suci hendaknya dilakukan dengan menghadap keutara pada malam hari. Demikian juga puja pada Shiva hendaknya dilakuka dengan menghadap ke utara bukan ketimur. Saktisamhita tidak boleh dibaca dengan menghadap ke utara atau barat.
54.  satu bagian dengan sloka 53
55.  Shiva henkdanya jangan dipuja tanpa mengenakan Tripundraka, Rudhraksha dan Bilvapatra. Yang terbaik diantara pararshi, jika upacara telah belangsung, jika abu suci tida kada, maka Tripundra (tiga garis mendatar pada dahi) hendaknya dikenakan dengan menggunakan tanah putih.   
56.  Satu bagian dengan sloka 55.
150.    Seorang pelayan setia Kali yang memakan daging manusia. Para Dakini ini juga disebut sebagai Asrapa atau ‘para peminum darah’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar