Minggu, 10 Juli 2011

BAB XII (Penjelasan tentang berbagai kuil dewa Shiva)


Suta berkata  :
1.      Para rshi yang bijaksana, sekarang dengarkanlah cerita tentang berbagai kuil Shiva yang memberikan pembebasan pada mereka yang melakukan pelayanan dan puja disana. Setelah itu aku akan memberitahukan kalian tentang tradisi dan norma yang dilakukan pada kuil tersebut.
2.      Bumi yang terdiri dari limapuluh crore yojana membentang dengan berbagai pegunungan dan sumber daya alamnya telah mendukung kehidupan manusia atas berkah Shiva.
3.      Sang dewa sendiri telah membangun dan menetapkan kuil itu di berbagai tempat untuk memungkinkan para penduduk bumi mencapai apa yang disebut sebagai pembebasan.
4.      Berbagai kuil ini meskipun yang dibangun dengan sendirinya ataupun yang tidak , dalam sudut pandang bahwa kuil itu menjadi persinggahan para dewa dan rshi untuk melakukan berbagai aktifitas kerohanian adalah diperuntukkan bagi umat manusia demi tercapainya pembebasan oleh mereka.
5.      Di tempat suci ini, permandian suci, perbuatan yang berpahala, Japa dan berbagai aktifitas rohani hendaknya dilakukan secara teratur. Karena kalau tidak maka manusia akan selalu menjadi objek dari penyakit, bencana, dan sebagainya.
6.      Jika seseorang yang mati di tanah Bharatavarsha dimana sebuah kuil yang berisikan patung linggam terdapat didalamnya maka ia akan lahir kembali menjadi manusia.
7.      Para Brahmana sekalian, melakukan dosa di tempat suci dalah perbuatan yang dilarang.ditempat suci, dosa sekecil apapun tidak boleh dilakukan.
8.      Akan tetapi seseorang hendaknya mencari tempat tinggal di sebuah kuil. Di pinggir pantai dimana berbagai aliran sungai suci bertemu bisa ditemukan banyak tempat suci seperti itu.
9.      Sungai Saraswati yang suci dikatakan memiliki enampuluh tempat suci yang terletak dipinggirnya. Oleh karena itulah mereka yang cerdas dan berminat mengejar pembebasan boleh tinggal disana. Maka perlahan-lahan ia akan mencapai alam Brahma.
10.  Sungai Gangga yang suci yang mengalir dari lembah Himalaya memiliki seratus tempat suci yang berdiri di setiap pinggirannya. Ada banyak pusat-pusat kerohanian yang besar yang terdapat dipinggirnya seperti Kashi dan sebagainya. Pinggirannya ini terutama akan menjadi keramat pada bulan Margasira atau ketika Planet Jupiter sedang berada dalam zodiak Capricornus. Sungai Shonabhadra (52) yang memiliki sepuluh tempat suci adalah tempat suci yang memberikan segala keinginan.
11.  satu bagian dengan sloka diatas.
12.  Dengan melakukan permandian suci disana dan berpuasa maka seorang penyembah akan mencapai alam dewa Ganesha. Sungai Narmada (53) yang suci adalah tempat suci yang memiliki dua puluh empat tempat suci. dengan melakukan permandian dan puja disana maka seseorang akan mencapai alam Vishnu. Sungai Tamasa (54) yang memiliki dua belas tempat suci dan sungai Reva (55) memiliki sepuluh tempat suci.
13.  satu bagian dengan sloka diatas.
14.  Godawari (56) yang suci memiliki duapuluh dua tempat suci dikatakan sebagai tempat suci yang bisa menghapuskan segala dosa termasuk membunuh Brahmin dan membunuh sapi.
15.  Krsnaveni (57) adalah sungai suci yang bisa membersihkan dosa-dosa Dikatakan memiliki delapan belas tempat suci yang menuntun pemuja pada alam Vishnu.
16.  Tungabhadra (58) memiliki sepuluh tempat suci yang menuntun para pemujanya pada alam Brahma. Sungai Suvarnamukhari (59) dikatakan memiliki sembilan tempat suci.
17.  Mereka yang jatuh dari Brahma loka akan terlahir disana. Dengan tinggal dipinggir sungai-sungai suci ini, seperti Saraswati (60), Pampa (61), Kanya (62), Svetanadi (63), maka ia akan mencapai alam Indra. Sungai besar Kaveri (64), mengalir dari gunung Sahya adalah tempat suci yang memiliki dua puluh tujuh tempat suci. Sungai-sungai suci ini akan memberikan berbagai pemenuhan keinginan bagi mereka yang tinggal dan melakukan berbagai disiplin spiritual disana.
18.  satu bagian dengan sloka diatas.
19.  satu bagian dengan sloka diatas.
20.  Para pemuja Shiva adalah termasuk perantara untuk menuju Shivaloka. Jika planet Jupiter bertemu dengan bintang Mesa, maka para pemuja Shiva hendaknya melakukan permandian suci di Naimisa (*) dan Badara (**). Pemujaan dan sebagainya yang dilakukan akan mengantar seseorang pada alam Brahmaloka. Jika matahari berada di Karkataka atau Simha maka seseorang hedaknya melakukan permandian suci di sungai Sindhu (Indus) (65). Pada saat itu meminum air Kedara (66) dan melakukan permandian suci disana akan memberikan pengetahuan yang sempurna pada sang bhakta. Shiva sendiri telah menyatakan sebelumnya bahwa melakukan permandian suci di Godavari pada bulan Simha ketika Jupiter juga berada pada bintang Simha akan memberikan seseorang pada pencapaian alam Shiva. Ketika Jupiter berada pada bintang Kanya maka maka permandian suci hendaknya diadakan di sungai Yamuna (67) dan spuna, dan hasilnya adalah kenikmatan di alam para dharma dan Dantin (Ganesa). Jika matahari dan bintang Tula bertemu maka para pemuja hendaknya melakukan permandian di sungai Kaveri dan hasilnya adalah pencapaian alam Vishnuloka. Pemuja yang melakukan permandian pada bulan Vrischika di sungai Narmada, ketika Jupiter bertemu dengan bintang vrischika maka ia akan mencapai alam Vishnuloka.  Brahma juga telah menyatakan bahwa seseorang yang melakukan permandian suci di sungai Suvarnamukhari ketika matahari dan Jupiter berada pada bintang Dhanu maka ia akan mencapai alam Shivaloka. Seorang penyembah hendaknya melakukan permandian suci di sungai Jahnavi (Gangga) pada bulan Margasira ketika Jupiter berada pada bintang Capriconus. Maka setelah menikmati segala fasilitas yang ada di alam Brahma dan Vishnu loka maka ia akan menikmati pengetahuan yang tertinggi dan mencapai pembebasan.
21.  satu bagian dengan sloka 20.
22.  satu bagian dengan sloka 20.
23.  satu bagian dengan sloka 20.
24.  satu bagian dengan sloka 20.
25.  satu bagian dengan sloka 20.
26.  satu bagian dengan sloka 20.
27.  satu bagian dengan sloka 20.
28.  satu bagian dengan sloka 20.
29.  Pada bulan Magha ketika matahari berada pada zodiak Kumbha, Sraddha, maka persembahan Pinda, air untuk permadian suci dengan berbagai jenis biji-bijian akan meningkatkan derajat para leluhur baik dari pihak ibu atau pihak ayah. Jika matahari dan Jupiter berada pada zodiak mina, maka permandian suci hendaknya dilakukan Krisnaveni.
30.  satu bagian dengan sloka 30.
31.  Permandian suci yang dilakukan pada setiap bulan pada sungai-sungai suci yang berbeda-beda akan memberikan hasil tercapainya alam dewa Indra. Dan orang yang cerdas tentu akan melakukan permandian di sungai Ganga atau Kaveri. Maka dengan demikan dapat dipastikan bahwa semua dosanya akan terhapuskan. Ada banyak tempat suci yang akan memberikan pahala tercapainya alam Rudraloka.
32.  satu bagian dengan sloka 31.
33.  Sungai Tamraparni (68) dan Vegavati (69) adalah sungai yang bisa mengantarkan seorang ke alam Brahmaloka. Ada banyak sekali tempat suci di pinggirannya, yang menjanjikan surga pada para pemuja yang tulus.
34.  Diantara kedua sungai ini terdapat banyak sekali tempat suci yang memberikan pahala yang besar jika melakukan persembahyangan di sana. Orang yang cerdas dan tinggal disana akan segera mencapai tujuannya.
35.  Hanya dengan melakukan perbuatan yang baik prasangka yang baik, dan konsep hidup yang benar dan senantiasa bersikap simpatik maka seorang penyembah akan mencapai tujuan dari bhakti yang sebenarnya.
36.  Perbuatan-perbuatan baik yang dilakukan di tempat suci akan selalu menghasilkan buah baik berlipat ganda. Demikian juga apabila perbuatan dosa dilakukan di tempat suci akan menghasilkan dosa yang berlipat ganda.
37.  Jika dosa yang dilakukan di tempat suci dengan alasan untuk kepentingan hidup maka pahala yang didapatkan akan hilang sebagai akibat dari dosa itu. Pahala adalah obat yang memberikan kesejahteraan dan menyembuhkan dosa yang terdapat dalam jasmani dan mental manusia. Para brahmana sekalian, dosa mental itu adalah dosa yang susah untuk dilepaskan dan senantias melekat pada sang pelaku selama berbagai Kalpa.
38.  satu bagian dengan sloka diatas.
39.  Dosa-dosa mental hanya bisa dihapuskan dengan meditasi dan tidak ada cara lain untuknya. Dosa perbuatan bisa dibersihkan dengan Japa dan dosa psikis bisa dihacurkan dengan secara paksa melakukan peleburan terhadap kesan badaniah. Dosa yang dilakukan dengan menggunakan kekayaan akan bisa diimbangi dengan pahala memberikan sumbangan, dan sebaliknya jika dosa meningkat maka pahala akan menurun.
40.  satu bagian dengan sloka 39.
41.  Baik pahala dosa memiliki tiga aspek yaitu apek benih, perkembangan dan aspek kenikmatannya (hasil). Jika ada pahala dan dosa yang masih dalam bentuk benih, maka ia bisa dihapuskan dengan pengetahuan yang sempurna. Dan jika dalam tahap berkembang maka dapat dihapuskan dengan  cara seperti yang dijelaskan sebelumnya. Dan jika mereka telah berada di tahap hasil maka mereka hanya bisa dinikmati dan dialami meskipun seseorang memiliki tumpukan pahala yang bertumpuk- tumpuk. Dan jika benih dan perkembangannya telah dihapuskan maka tidak ada yang perlu diderita ataupun di alami karena telah mencapai keadaan seimbang. Jika seseorang melakukan pemujaan pada para dewa, perbuatan yang baik dan melakukan disiplin spiritual yang cukup, maka kenikmatan yang akan dihasilkannya sungguh tidak akan tertahankan. Oleh karena itulah mereka yang ingin mendapatkan kebahagiaan hendaknya berhenti melakukan perbuatan dosa.
42.  satu bagian dengan sloka 41.
43.  satu bagian dengan sloka 41.

            51. Bharata varsha adalah nama dari salah satu belahan dunia yang dibagi menjadi sembilan wilayah dan dilingkari dengan tujuh samudra. Delapan yanglainnya adalah Kuru, Hiranmaya, Ramyaka, Ilavrita, Hari, ketumala, Bhadrasva dan Kinnara.
            52. Sungai Sonabhadra (bisa disebut Sona) berada di Gondvana di Madhyapradesh, ditanah data Amarakanta, sekitar empat atau luma mil dari sumber sungai Narmada.
            53. Sungai Narmada berada dipegunungan Vindhya dan turun ke teluk Cambay. Sungai ini mengalir deras,dan cukup dalam .
            54. Sungai Tamasa, diidentikkan dengan Tons yang munculdari pegunungan Riksapada, nampak di wilayah Bundelkhand dan mengalir kedalam sungai Ganga dibawah Allahabad.
            55. Reva dan Narmada dalah dua cabanga kecil dari sungai yang sama diatas wilayahnya dan mengalir menjadi satu lagi pada ujungnya.
            56. Sungai ini disebut sebagai Goda atau Godawari yang membentuk wilayah penting dalam geograpy India selatan. Luas wilayahnya mencapai seluruh batas India selatan terhadap India selatan yaitu sampai pegunungan Sahya, Nirmala, Satmala, dan perbukitan Bastar dan Orissa yang dalam purana dinamakan Mahendra Pravata.
            57. Sungai ini mengalir dari pegunungan Sahya, dan menyatukan aliran sungai Krisna dan Veni. Sungai ini mengalir ke teluk Bengal.
            58. Sungai Tungabhadra mengalir dari pegunungan Sahya dan bergabung dengan aliran sungai Krsna.
            59. Sungai ini adalah salah satu dari sungai yang tersuci di India selatan. Setelah keluar dari pegunungan Mahendra maka jatuh ke pesisir selatan lautan, melewati berbagai perbukitan indah dan memiliki banyak pertemuan aliran.
            60. Lihat keterangan no. 35.
            61. Ini adalah salah satu cabang aliran sungai Tungabhadra.
            62. Referensi untuk wilayah ini kurang jelas. Namun wilayah yang terletak dipinggir sungai ini dianggap sebagai wilayah suci Shiva.
            63. Referensi untuk hal ini kurang jelas.
            64. Ini adalah salah satu sungai yang mendapatkan alirannya dari pegunungan Sahya. Dikatakan bhwa dipinggirnya terdapat banyak tempat suci yang ditujukan untuk memuja Shiva.
            65. Sungai ini adalah sungai suci tertua yang megambil alirannya dari pegunungan Himalaya dan mengalir hingga sebelah barat Pakistan dan bermuara di lautan barat.
            66. Ini menunjukkan Kedara Ganga dan Mandakini di Garhwal.
            67. Sungai ini mengalri dari Himalaya dan mengalir sejauh 860 mil sebelum bersatu dengan sungai Ganga di Allahabad.
            68.  Sungai ini mengalir dari pegunungan Malaya disebut sebagai pegunungan Travancore, di wilayah selatan Western Ghat.
            69. Sekarang disebut sebagai Baiga atau Bijari terdapat di distrik Madura.

            (*) Naimisa, sekarang disebut sebagai Nimsar, adalah sebuah wilayah suci di Utarrpradesh di distrik Sitapur. Sungai Naimisa yang paling suci pada Kreta yuga, Puskara pada Treta yuga, Kurukshetra pada Dwapara, dan Gangga pada jaman Kaliyuga ini.
                (**) Adalah nama dari pertapaan Nara dan Narayana di sekitar Gangobheda, yaitu sumber dari sungai Gangga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar