Jumat, 18 November 2011

SETAN,MUSUH YANG TAK DAPAT DIKALAHKAN TUHAN ATAU SEKUTUNYA?


T: apakah dalam agama Hindu ada setan?
AH: tidak! Jika Tuhan mahakuasa mengapa Dia membiarkan setan ada?
T: Tuhan memang menciptakan setan untuk menggoda manusia.
AH: Mengapa?
T: agar manusia selalu ingat akan Tuhan, dan meminta perlindungan kepada Tuhan.
AH: kalau benar begitu,bukankah Tuhan dapat dianggap bersekongkol dengan setan untuk mencelakakan manusia? Mirip seperti keamanan pasar yang korup bersekongkol dengan preman untuk menakut-nakuti para pedagang,agar para pedagang terus meminta perlindungan kepada keamanan,tentu saja dengan membayar uang keamanan
T: jadi kalau manusia berbuat dosa disebabkan karena apa?
AH: itu karena ketidaktahuan atau avidya. Karena ketidaktahuan manusia memilih melakukan tindakan yang salah. Kalau manusia memiliki pengetahuan atau vidya dia akan menjadi bijaksana dan orang yang bijak tidak akan mungkin melakukan dosa.
T: tetapi bukankah di dalam agama Hindu juga diajarkan adanya musuh-musuh?
AH: ya, tetapi musuh2 yang ada di dalam diri manusia sendiri seperti sifat sombong,angkuh,serakah,suka marah,iri benci,suka dengan kekerasan dan semacam itu. Kami tidak diajarkan untuk memusuhi orang atau kelompok lain berdasarkan ras,suku maupun agama. Semua orang apapun keyakinan,suku, bangsa atau ideologinya adalah satu keluarga. Ini disebut vasudaiva kutumbakam
T: bukankah di dalam agamamu ada butakala,yang ogoh-ogohnya di arak sehari sebelum Nyepi. Apakah itu tidak sama dengan setan?
AH: butakala itu adalah mahluk yang tarafnya dibawah manusia, yang karena tidak memiliki akal,sering menjadi gangguan. Butakala bisa juga sebagai lambing manusia yang tidak memiliki pengetahuan atau avidya sering berbuat salah. Untuk mahluk-mahluk ini kita harus berusahauntuk meningkatkan harkat dan martabat mereka.
Kalau dilihat secara arti katanya, buta itu adalah alam, kala adalah waktu. Jadi manusia harus memandang alam dan waktu bukan sebagai musuh, tetapi sebagai sahabat agar hidup kita di dunia ini harmonis dan berguna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar