Sabtu, 06 Agustus 2011

Hanya Brahman Yang Ada, tak ada yang lain.


Hanya Brahman Yang Ada, tak ada yang lain.
Dicuplik dan diterjemahkan oleh Ngurah Agung dari: Essays on the Upanishads.
Kabir Sahib: Sebuah Pelajaran Universalitas Keagamaan, Carilah Tuhan
di Dalam Dirimu

Kabir Sahib seorang Guru suci Kenamaan (1440-1518 M) yang hidup di
Benares dan mengkhotbahkanpraktek Yoga Surat Shabda.Kabir Sahib
menerangkan secara terperinci apa yang telah lihat di dalam tubuh. Ia
berkata “ Aku kan menceritakan kepadamu apa yang telah Tuhan tempatkan
di dalam tubuh.Tubuh kita adalah sebuah istana, dimana jiwa adalah
bagaikan seorang istri tercinta dan Tuhan adalah suaminya. Mereka
berada dalam rumah itu selama berabad-abad, tetapi tak pernah saling
bertemu” . Ini adalah pengalaman semua orang suci di berbagai agama
monotheisme yang telah menjelajah Jalan Rohani dan telah bertemu muka
dengan Tuhan.

Tubuh ini terbagi menjadi empat alam, yaitu Pinda/tubuh jasmani/
bendawi: Anda, alam bendawi-rohani:Brahmanda ,alam bendawi-rohani yang
lebih luhur dan Sach Khand, alam roh murni yang terluhur dan paling
sempurna. Sach Khand adalah alam satu2nya yang kekal
Bagaimana kita dapat naik ke Sach Khand? Kabir menjawab “ tutuplah
mata,telinga dan mulut dan dengarkan suara jangkerik”. Tutuplah mata
jasmani anda dan lihatlah dengan mata rohani. Demikian pula,tutup
telinga jasmani anda dan dengarkanlah dengan telinga rohani. Bila anda
telah melakukan hal itu dan perhatian kita terkumpul di pusat mata,
maka cahaya akan tampak. Jalan rohani ini/ sant Mat dimulai dari mata
ketiga ini. Guru Nanak berkata /” jala menuju Tuhan adalah
sepersepuluh tebal rambut. Para Suci yang lain menyebut jalan ini
lebih halus atau lebih sempit dari lubang jarum. Dalm islam jalan ini
dilakukan dengan zikrulloh ismul adhom= simran dan bhajan Nam dhun
atmak-nama Tuhan yang tak dapat dikatakan/ atau asma ul husna yang ke
seratus seperti Ruzbihan Baqli dan Para Sufi Qadiri-Chistiya India
Selatan

Pemujaan sejati adalah merenungkan Nam
Tanpa Nam tidak ada pemujaan
Kita memandikan berhala dari luar
Namun jika sebaliknya kita mencuci pikiran
Maka pembungkus ego akan lepas
Dan kita memperoleh keselamatan
Oleh Guru Nanak


Kisah kematian Kabir Sahib

Suatu pagi setelah memberi penjelasan/kajian pelajaran kepada para
muridnya yang beragama hindhu dan muslim, Kabir beristirahat di
gubuknya dengan sebuah intruksi bahwa dia tidak boleh diganggu selam
istirahat. Ketika sampai sore hari , Kabir tidak kunjung keluar,
beberapa muridnya ragu dan hendak melihat beliau dan menanyakan
kondisinya. Ketika melihat bahwa sang guru sudah meninggal tergeletak
dengan kain yang menutupi tubuhnya, para muridnya, dari kalangan
muslim dan hindhu saling berdebat. Ada yang menghendaki di kubur
secara islam, ada yang menghendaki dikubur secara hindhu. Setelah
melewati perdebatan yang panas dan melelahkan. Sultan Vir Baghela
Singh menghendaki secara hindhu sedangkan Nawab Bijli khan menghendaki
secara muslim. Akhirnya muridnya hendak menganbil jasad sang Guru
Kabir, apa daya Jasad sang guru telah menghilang dan ganti menjadi
kumpulan bunga yang segar.inilah akhir dari perdebatan di antara
murid2nya. Kabir Sahib menekankan pelajaran bathin bagaiman seharusnya
manusia bertemu Tuhhannya selam masih hidep di dunia,zdia tidak peduli
dengan formalitas keagamaan yang bersifat formal baik hindhu ataupun
muslim.semua agama mengajarkan kebaikan kebaikan ,tetapi yang penting
menurut Kabir Sahib temuilah Tuhanmu selagi masih hidup


Jumpailah Tuhan Kekasihmu Di Dalam Dirimu Sendiri
Oleh Kabir Sahib

Pandanglah kekasimu dengan mata rohani
Di tempat dimana Ia bersemayam
Lepaskan nafsu berahi.ketamakan,kemarahan, dan kesombongan
Gantikan dengan pengendalian diri
Pengampunan,kebenaran, dan kepuasan
Wahai pikiran yang licik,hindarilah mabuk dan makanan daging
Dan dengan menunggangi kuda pengetahuan
Tinggalkanlah sandiwara palsu yang fana ini

Setelah melakukan Dhoti,Neti dan wasti
Duduklah bersila dalam padmasana
Setelah khumbak selesai,mulailah dengan rechak
Dan setelah membersihkan ganglion bawah itu
Selesailah seluruh tugasmu

Padma berkelopak empat melai merekah di taman muladhar
Disan suara “kilyng”terdengar ,warna merah merona
Disan ,Dewa Ganesha yang kesaktiannya terwujud
Melalui ridhi dan sidhi, di atasnya kipas meliuk-liuk

padma berkelopak enam
Terletak di ganglion seks
Disana Nagin hidup terjungkal
Hancur leburkan dia hingga mati
Disana irama Onkar terdengar
Kata itu selalu diulang-ulang

di pusar,padama merekah,delapan jumlah kelopaknya
Di ats singgasana putih,Wisnu bersinar megah
Suara merdu “hiring” mengalun,dari mulut dewa yang cemerlang
Daripadnya Syiwa dan Laksmi, si Kembar, selalu bergantung

padma berkelopak dubelas,merka di ganglion jantung
Disan tampakbentuk Syiwa,Jung dan Gauri
Iram sabda seperti”Sohang” mengalun
Pekikan kemenangan keluar. Dari para Ganas

padma berkelopak dua terletak di kerongkongan
Disan ,Dewi Avidya meresapi dengan dirinya
Brahma,WIsnu dan Syiwa mengipasinya
Dan keluarlah aluna lagu “Shirhyng”

di atas situ wahai saudara.
Pandanglah padma Madu Surgawi
Dua bentuk terlihat- putih, dan yang lain bercorak hitam,
Di balik mata ia terletak
Disana Nij Man memerintah dalam kebesaran

terungkap sudah rahasia padma padma itu
Dalm batas Pinda ,semua ciptaan ini terletak
Sekarang, hadirilah satsang
Dapatkan guru sejati
Yang akan mengulang-ngulang Satnam
Dan Ia akan menunjukkan jalannya

tutup matamu,mulut dan telinga
Dengarlah suara cengkerik/jangkrik
Sebagai iram Anhad
Satukan kedua manik matamu, masuk;lah ke dalam
Pandanglah taman berbunga

satukan bulan dan matahari
Renungkan Sukhman
Bersatulah dengan Firman di Tribeni
Dengan menyeberangi alam itu
Ilusi akan menjauhimu

Gong dipukul,siput laut ditiup
Dan mengalunlah musik ilahi
Dari padma berkelopak seribu
Terangnya bagaikan pasar malam
Yang penuh dengan lampu
Disana pencipta tinggal
Penguasa dari semua yang ada di bawahnya
Masukilah terowongan bengkok
Keluarlah dari sana

Dak”ni ,Sak”ni berteriak nyaring
Kaki tangan Yama dan malaikattul maut
Menjerit dan memekikj
Mendengar Satnam,mereka semua lari
Bila Firman Satguru kau ucapkan

Dalam batas alam surga
Terdapat sumur terbalik
Daripadanya ,para Gurumukh dan Mistik
Minum sekenyang-kenyangnya
Tetapi mereka yang tidak berguru
Tidak mmemiliki ragi rohani
Sehingga mereka tetap kekeringan dan kehausan
Kemurungan menyelimuti pikiran, ia tinggal di kegelapan

Trikuthi adalah istana
Sumber pengetahuan
Diman petir dan genderang menjadi tandanya
Warna merah matahari senja
Memancarkan kemilauan
Padma berkelopak empat ada disana
Dimana lagu Onkara selalu berkumandang

Barangsiap mencapai alam ini
Seorang Sadhu sejati lah ia
Rahasia kesembilan pintu tubuh
Terungkap baginya
Ia sekarang melejit melewati pintu ke sepuluh
Yang selalu terkunci

Svetsun treletak diatas nya
Mandilah di Mansar
Temuilah para Hansa, jadikan dirimu Hansa
Sekarang,hidup dari madu, minumlah itu selalu

Suara Harpa dan mandolin, kecapi semua nya terdengar
Dimana Akshar Brahm senantiasa bertahta di Sunn
Cahayanya seperti 12 matahari
Memancar dari masing-masing Hansa
Kata “Rarankar” memancar dari padma berkelopak delapan

Lautan Maha Sunn penuh dengan bahaya
Tanpa Satguru, tidak ada yang meneukan jalan keluarnya
Serigala dan singa mencari mangsanya: Ular ular siap mematuk
Di san suara Sehaj Achint
Mengelegar, mengalun dan mengimbau

Di Par Brahm wahai saudara
Terdapat padma berkelopak delapan
Di sebelahnya kanannya ada yang berkelopak dua belas yaitu Achint
Dis ebelah kirinya adalah Sehaj yang berkelopak sepuluh
Begitulah susunan padma padma itu

kelima Brahm, semua terbungkus dalam telur.
Dan kelima-limanya, kitasebut Neh-akshar.
Di sana tersembunyiempat alam
Yang dihuni oleh para tawanan Purush.

Pandanglah titik pertemuan dua gunung,
Dari Bhanwar Gupa, para Suci menyambut Para Hansa.
Di sana satguru bertahta.

Di sana 88.000 pulau diciptakanoleh sang Pencipta
Tempat-tempat bertatahkan batu permata yang melingkar.
Di sana lagu seruling dan biola terus terdengar.
Dan kata “Sohang” selalu berkumandang.

Bila perbatasan sohang telah kau lewati, wahai Saudara,
Masukilah alam Sat Lok.
Di sana bau-bauan yang harum senantiasa memancar,
Sungguh gaib dan tak terlukiskan.

Masing-masing hansa bermandikan cahaya enambelas malaikat matahari.
Dan musik seruling menabjubkan selalu terdengar.
Kipas para hansa melambai-lambai
Di atas mahkota raja.
Begitulah istana Raja itu, yakni Sat Purush.

Sinar sepuluh juta matahari
Dan sepuluh juta bulan terlihat suram,
Bila dibandingkan dengan kecermelangan
Satu helai rambut-Nya.
Di sana Alakh, Tuhan yang tak terlihat, memerintah.

Di atas situ, istana yang penuh takjub
Dihuni dan dipelihara oleh Agam Purush.
Dengan penuh kemulian.
Setiap pori-Nya memancarkan kecermelangan.
Di hadapa-Nya,
Cahaya setrilyun matahari seakan padam.
Begitulah cahaya-Nya,
Tak terlukiskan, tak terpahamkan.

Di atas itu, wahai saudara, terletak akeh Lok.
Yang dihuni oleh Anami Purush.
Hanya merekalah yang mengetahui, yaitu
Yang telah mencapainya.karena tiada kata-kata yang dapat
mengungkapkannya.

Dengan demikian, rahasia tubuh manusia telah diungkapkan.
Semua ciptaan ini terdapat dalam tubuh kita ini.
Dengan sengaja, maya telah menebarkan jeratnya,
Ia adalah pencipta cerdik yang langka.

Maya dengan cerdiknya telah menciptakan
Sandiwara palsu yang dipantulkan ke Pinda.
Mula-mula ia menciptakan duplikatnya di anda
Yang kemudian dipantulkan ke Pinda.

Aku terbang laksana burung dengan sayap Firman,
Kata Kabir; Aku bebas, Satguruku telah membebaskanku.
Kesadaranku bangkit.
Hanya Firmanlah yang berkumandang
Dan setelah melewati Pinda dan Anda,
Aku menemukan rumah Sejatiku.

note :
apa itu Sach khand ?
yaitu alam al Haq atau kebenaran abadi/kedamaian/kebahagiaan.di maqam
ini jiwa memiliki cahaya seperti enambelas matahari. Bila Jiwa telah
mencapai ala mini, ia akan bebas dari kelahiran dan kematian / samsara
–istilah hindhu.Para suci yang dating di dunia ini tiidak mendirikan
agama baru dan mereka tidak mencampuri agama-agama yang sudah ada.
Mereka selalu menasihat untuk bertemu dengan sang pencipta selagi
masih hidup. Para suci mengasihi semua bangsa dan semua agama, karena
mereka yakin bahwa setiap orang mempunyai jiwa murni dan cemerlang
dalam dirinya.
Sach khand terdiri dari tiga alam yaitu alakh loka/alam tak
terlihat,ghibul ghuyub ; agam loka yaitu alam yang tak terjangkau ;
anami loka yaitu alam tanpa nama,tempat bersemayam sang pencipta.
Tentang anami loka ini, para suci hanya terdiam dan bungkam tanpa kata-
kata.Ia tidak mempunyai awal dan akhir.tidak munkin dijelaskan dengan
kata-kata . Semua alam tadi adalah warisan jiwa kita yang merupakan
harta karun di dalam diri setiap manusia.

Kabir Sahib mengatakan bahwa Ia telah memberikan penjelasan yang
terperinci kepada kita tentang alam-alam rohani yang luhur di dalam
diri kita. Seluruh harta yang tak ternilai itu telah disediakan Tuhan
di dalam tubuh kita. tetapi kuasa jahat yaitu Kal, bersama-sama dengan
kekuatan Maya/ilusi ,telah menebar jaringan yang luas dan rapat untuk
menghalangi perkembangan spiritual jiwa. Perjuangan Kal untuk menahan
perkembangan jiwa manusia, maka Kal melakukan tapabrata sebanyak dua
kali, yang pertama tapabrata selamatujuh puluh yuga/silkus waktu
kemudian yang kedua, tapabrata selama enampuluh empat yuga. Kal
sungguh2 dalam perjuangan nya untuk menghadang setiap jiwa yang akan
menaiki tangga spiritual.

2 komentar:

  1. Radha soami, Tuhan, satguru yang ada kenyataanya, satguru yang punya kehendak, satguru yang bisa,

    BalasHapus
  2. Radha soami, Tuhan, satguru yang ada kenyataanya, satguru yang punya kehendak, satguru yang bisa,

    BalasHapus